Minggu, 16 November 2014

Argumentasi Mengenai Mitos

     Mitos (bahasa Yunani: μῦθος mythos) atau mite (bahasa Belanda: mythe) adalah cerita prosa rakyat yang menceritakan kisah berlatar masa lampau, mengandung penafsiran tentang alam semesta dan keberadaan makhluk di dalamnya, serta dianggap benar-benar terjadi oleh yang empunya cerita atau penganutnya. Dalam pengertian yang lebih luas, mitos dapat mengacu kepada cerita tradisional.   Banyaknya mios yang beredar di kalangan masyarakat saat ini dan salah satunya adalah mitos dari pohon beringin kembar.
            Mitos beringin kembar di Alun-alun Kidul tak pernah memuaskan rasa penasaran pelancong. Adapun permainan yang bernama Masangin atau yang bearti dua beringin, Permainan ini dilakukan dengan cara berjalan melintasi antara pohon beringin ini dengan mata tertutup menggunakan kain. Mitos masyarakat Yogyakarta tentang permainan ini adalah siapa pun yang berhasil melintasi pohon ini secara lurus berarti hati kita bersih. apabila berhasil melintasi dua pohon beringin kembar tersebut maka semua permintaan kita akan dikabulkan. Adapun legenda yang beredar di masyarakat Yogyakarta dan Jawa sekitarnya menceritakan, kala itu putri Sri Sultan Hamengku Buwono I akan dipinang oleh seorang pria. Namun karena Sang Putri tidak mencintainya maka dia menolak secara halus dengan cara meminta syarat jika ingin menikah dengannya maka lelaki itu harus bisa berjalan dengan mata ditutup dari Pendopo yang ada di sebelah utara Alun-alun Kidul melewati dua beringin kembar di tengah alun alun dan finish di pendopo yang ada di sebelah selatan alun alun kidul. Dan apa yang terjadi, ternyata pemuda itu gagal menembus pohon beringin kembar tersebut. Kemudian sang sultan memberikan sabdanya bahwa yang bisa melewati syarat sang putri itu, hanyalah pemuda yang hatinya benar benar bersih dan tulus. Sampai pada akhirnya datang seorang pemuda dari Siliwangi yang berhasil melewati rintangan yang disyaratkan oleh Putri Sultan dan sang putri akhirnya dipersunting oleh pemuda tersebut.
     Terkait benar atau tidaknya mitos yang beredar pada umumnya mitos menceritakan terjadinya alam semesta, dunia dan para makhluk penghuninya, bentuk topografi, kisah para makhluk supranatural, dan sebagainya. Kita sebagai manusia tidak ada salahnya untuk mempercayai karena beberapa mitos yang beredar adalah legenda yang beredar luas di masyarakat, tetapi kita juga harus bisa meneliti lebih lanjut  serta mencari bukti-bukti yang lebih akurat agar tidak menyalahgunakan pesan-pesan yang coba disampaikan dari leluhur kita.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar