Minggu, 16 November 2014

Kemampuan Berbahasa Indonesia

Di dalam Perguruan Tinggi tujuan mahasiswa/mahasiswi mempelajarai Bahasa Indonesia agar mahasiswa dapat berkomunikasi secara efektif dan efisien sesuai dengan etika yang berlaku, baik secara lisan maupun tulis, mahasiswa/mahasiswi juga dapat meningkatkan kemampuan berbahasa untuk menulis atau menghasilkan suatu karya ilmiah maupun non ilmiah. Adapun beberapa tahapan penting yang harus diperhatikan dalam proses penulisan karya ilmiah maupun non ilmiah yang harus dikuasai oleh mahasiswa/mahasiswi.
Dalam proses penulisan mahasiswa harus dapat menguasai beberapa tahapan seperti mengetahui fungsi dan kedudukan bahasa Indonesia, ragam bahasa, ejaan, diksi, kalimat efektif, alinea dan pengembangannya, perencanaan penulisan karangan ilmiah, kerangka karangan dan terakhir kutipan serta daftar pustaka. Tahapan-tahapan tersebut harus dikuasai oleh mahasiswa/mahasiswi agar dapat menghasilkan karya ilmiah maupun non ilmiah yang baik dan benar. Seluruh tahapan atau proses yang dibutuhkan untuk mahasiswa/mahasiswi dalam mempelajari bahasa Indonesia menjadi penting karena mahasiswa/mahasiswi harus mengetahui dengan benar arah dan tujuan penggunaan bahasa Indonesia yang benar pada penulisan karya ilmiah. Serta dapat memanfaatkan bahasa Indonesia untuk meningkatkan pengetahuan dan mengembangkan kecakapan berbahasa Indonesia lisan dan tulisan.
Dari semua bagian-bagian yang perlu diperhatikan  saat penulisan karangan ilmiah dapat disimpukan bahwa semua bagian harus dikuasai karena semua bagian-bagian tersebut dapat mempermudah penulis maupun pembaca sebuah karangan ilmiah. Itulah sebabnya mengapa Bahasa Indonesia perlu dipelajari oleh mahasiswa/mahasiswi karena semua bagian tersebut memiliki keterkaitan satu sama lain yang tidak dapat dipisah apabila ingin menuliskan sebuah karangan ilmiah.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar