Jumat, 19 Oktober 2012

Faktor yang menentukan Iklim Bisnis

Berikut faktor-faktor yang mempengaruhi iklim bisnis di Indonesia :

1. Investasi 
Sering juga di sebut sebagai penanaman modal.

2. Tabungan
Jumlah yang diputusakan oleh para pekerja untuk ditabung akan menentukan kuat lemahnya multiplier. Apa yang penting disini  adalah adanya keteraturan dan keterpercayaan terhadap tabungan sehingga iklim bisnis itu dapat diramalkan.

3.  Pemerintah
berperan sebagai pengelola sistem bisnis. Melalui kebijakan / kebijaksanaan “fiskal” dan “moneter”.
— 
permasalahannya :
  • Inflasi 
adalah suatu kenaikan harga barang dan jasa secara umum dalam perekonomian secara terus menerus dalam jangka waktu yang lama.
  • Produktivitas 
adalah keluaran barang dan jasa per unit tenaga kerja. Untuk meningkatkan produktivitas, orang tidak cukup hanya dengan bekerja kelas, tetapi juga memerlukan peralatan dan metode kerja yang lebih baik. Disamping itu juga diperlukan peningkatan investasi, riset dan pengembangan dan teknik-teknik manajemen yang lebih maju.
  • Pengangguran.
Pengangguran juga menjadi salah satu faktor yang mempengaruhi bisnis di Indonesia, karena tingkatnya yang sangat besar yang menyebabkan terjadinya pengaruh kepada iklim di Indonesia.

4. SDM (Sumber Daya Manusia)
Agar bisnis yang dijalani tersebut sukses dan menghasilkan banyak keuntungan, tentu diperlukan orang-orang yang terampil, kreatif, berkualitas tinggi, ulet, mampu berinovasi, pantang menyerah, mempunyai kemampuan bersaing yang tinggi (kompetitif), sportif dan pandai mengolah bisnisnya.

 barang yang diproduksinya.

5.  Persaingan pasar
Pada kenyataannya di Indonesia, banyak sekali bisnis-bisnis yang saling bersaing untuk dapat menguasai pasar sehingga mereka mendapatkan keuntungan yang maksimal. Oleh karena itu, orang yang berbisnis harus mempunyai strategi untuk dapat menguasai pasar dan mengalahkan pesaingnya.

6.  Teknologi
Faktor teknologi juga berpengaruh terhadap iklim bisnis di Indonesia. Semakin maju teknologi yang digunakan, semakin berkembang pula bisnis yang dijalani, namun dengan tetap memperhatikan skill serta faktor-faktor lainnya.

7. Alam
Jika alam tidak bersahabat dengan kita tentu kegiatan bisnis pun dapat terganggu. Misalnya adanya bencana banjir, tanah longsor dan lain-lain. Oleh karena itu, kita harus memilih tempat bisnis yang sesuai dan kita harus bersahabat dengan lingungan serta jangan merusakya.


8.  Jenis bisnis

Faktor ini juga memiliki pengaruh yang kuat terhadap klim bisnis di Indonesia. Dalam berbisnis tentunya kita harus memilih bisnis di bidang apa yang akan kita jalani. Dalam memilih jenis bisnis tersebut, sebaiknya kita memilih jenis bisnis yang banyak dibutuhkan oleh masyarakat. Misalnya bisnis di bidang pertanian. Kita juga harus mempertimbangkan keuntungan yang akan kita peroleh sebelum kita menentukan bisnis di bidang apa yang akan kita jalani.


10.  Kondisi negara

Kondisi negara yang dimaksud dapat berupa kondisi perekonomian, sosial politik maupun pertahanan dan keamanan negara. Kondisi negara yang tidak menentu bisa menghambat bisnis yang dijalani. Misalnya saat terjadi inflasi. Tentu saja kondisi ini turut mempengaruhi bisnis yang sedang dijalani.


Referensi : http://sharlitasara.blogspot.com/2010/10/tugas-1.html 
http://adie1980.wordpress.com/2011/10/19/faktor-faktor-yang-menentukan-iklim-bisnis-dan-permasalahannya/ 

2 komentar: